BLOG

imageBingung Pilih Rumah Baru? Ini Dia Cara Memilih Rumah Baru untuk Keluarga Anda

Bingung Pilih Rumah Baru? Ini Dia Cara Memilih Rumah Baru untuk Keluarga Anda

Dutaindahresidence.id, Tangerang Bagi sebagian pembeli rumah pertama, urusan membeli rumah memang cukup membingungkan. Apalagi jika Anda adalah pasangan muda yang baru menikah, pasti membeli rumah jadi urusan yang cukup ‘menakutkan.’

Pasalnya, dana yang telah susah payah Anda kumpulkan dipertaruhkan saat membeli rumah pertama. Banyak ketakutan seperti salah membeli rumah, tertipu pengembang nakal, hingga harga yang terlampau kemahalan.

Oleh karena itu, jadilah pembeli cerdas dengan melakukan pembelian secara hati-hati dan mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum menghubungi Pengembang Properti. Pada tahap ini juga, Anda harus selektif dalam memilih produk perumahan dan Pengembang Properti agar pilihan Anda tidak bermasalah kelak.

Salah satu Pengembang Properti dan produk properti terpercaya adalah Duta Indah Residence. Duta Indah Residence adalah perumahan yang mengedepankan keseimbangan sempurna antara gaya hidup dan fungsi.

Duta Indah Residence berlokasi di Tangerang Kota, yang mana saat ini sudah dihuni lebih dari 1.000 Kepala Keluarga, dengan 8 cluster yang modern dan asri. Setiap cluster dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan juga akses terbaik ke berbagai lokasi.

Nah, untuk menghindarkan Anda dari salah beli rumah maka Anda beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelumnya. Simak selengkapnya di sini.

Merencanakan Budget

Tidak dapat dipungkiri, rumah merupakan aset yang bernilai sangat tinggi. Kemampuan finansial Anda diuji ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah. Oleh karena itu, perencanaan yang matang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan membeli rumah pertama.

Perencanaan dilakukan agar keputusan membeli rumah tidak membebani kondisi finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok, maupun kebutuhan lain yang sebelumnya sudah ada. Sebagai informasi, bank biasanya mensyaratkan angsuran KPR per bulan maksimal sebesar 30% penghasilan bersih pribadi maupun gabungan antara suami dan istri. Nah, melalui patokan tersebut, Anda dapat merencanakan keuangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah baru.

Kenali Biaya Tambahan dan Cara Beli Rumah

Tidak seperti kegiatan membeli produk lainnya, pembelian rumah cukup rumit karena banyak mekanisme yang harus Anda jalani. Tidak hanya soal membayar harga rumah, berbagai tahapan administrasi juga biasanya memerlukan biaya tambahan.

Saat Anda mulai menghubungi Pengembang Properti, biasanya Pengembang akan membebankan biaya tertentu sebagai bukti keseriusan Anda dalam membeli sebuah rumah. Setidaknya ada dua jenis biaya yang biasanya diajukan.

Booking fee - merupakan pembayaran dalam bentuk sejumlah uang sebagai komitmen memesan unit properti tertentu. Untuk besaran biayanya, booking fee tidak memiliki patokan pasti, dan berbeda-beda di tiap jenis hunian maupun pengembang properti.

Uang Tanda Jadi atau Down Payment (DP) – sama halnya dengan booking fee, DP merupakan wujud dari bukti keseriusan pemesanan rumah yang diinginkan. Selain itu DP juga digunakan untuk mengikat harga yang sebelumnya sudah disetujui antara penjual dan pembeli properti. Untuk besaran biayanya bervariasi, pada umumnya mulai dari 10%, tergantung promo yang sedang berlangsung dari bank ataupun pengembang properti. Agar tidak terbebani DP, kamu dapat memilih bank atau pengembang properti yang mempunyai program keringanan kredit pembelian rumah.

Setelah Anda membayarkan kedua jenis biaya diatas, selanjutnya Anda dapat memilih cara bayar yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Setidaknya terdapat 3 cara yang bisa Anda pilih, yaitu:

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) – merupakan produk pembiayaan untuk pembeli rumah dengan skema pembiayaan sampai dengan 90% dari harga rumah.

Tunai Keras atau Cash Keras – merupakan sistem pembayaran yang dilakukan dalam waktu paling lambat satu bulan sejak adanya kesepakatan antara pembeli dan pengembang.

Tunai Bertahap atau Cash Installment – bila sebelumnya KPR adalah cicilan kepada pihak bank, maka Cash Installment adalah cicilan dalam kurun 6-24 bulan yang dibayarkan langsung kepada pihak pengembang.

Ketiga cara pembelian di atas memberikan Anda keuntungan dan kerugian tersendiri. Misalnya cara bayar KPR memberikan keuntungan berupa keringanan beban finansial tapi dengan resiko tagihan cicilan dengan tenor sangat lama, biasanya sampai 10 hingga 15 tahun. Tunai keras juga memberikan keuntungan tersendiri karena Anda biasanya akan mendapatkan diskon mulai dari 10% hingga 20% dari total harga rumah.

Memilih Lokasi Rumah Baru

Setelah Anda mempersiapkan kondisi finansial, hal selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan adalah lokasi. Ya! Lokasi menjadi sangat penting karena akan berkaitan dengan kebutuhan Anda secara langsung. Misalnya, lokasi rumah yang dekat dengan kantor atau tempat kerja memberikan Anda keuntungan lebih daripada rumah dengan lokasi yang cukup jauh.

Selain itu, akses juga menjadi sangat penting karena berhubungan dengan kebutuhan mobilitas Anda. Nah, Duta Indah Residence merupakan salah satu perumahan dengan lokasi yang strategis. Berkonsep Kota Mandiri, Duta Indah Residence berlokasi di pusat kota Tangerang yang memiliki berbagai infrastruktur transportasi terbaik untuk memudahkan mobilitas Anda.

Pilih Pengembang dengan Reputasi Baik

Pengembang Properti yang berpengalaman tentu akan mampu memberikan produk properti berkualitas. Oleh karena itu, Pastikan pihak pengembang atau developer yang dipilih merupakan pihak terpercaya. Hal ini bisa dipastikan dengan menggali informasi seputar track record project sebelumnya.

Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan apakah developer memiliki masalah atau terdapat kejanggalan pada proyek hunian yang sudah pernah dibangun? Bila tidak ada masalah, maka kamu dapat memilih produk hunian dari developer tersebut. Duta Indah Group menjadi developer yang mendukung gaya hidup modern mulai dari pendidikan, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

Nah dengan memasukan berbagai pertimbangan di atas, Anda akan siap untuk segera memiliki rumah baru. Oleh karena itu, pilih properti terbaik di lokasi strategis yang salah satunya adalah Duta Indah Residence. (ADR)

imgWAchatYuk wa